Mempromosikan produk dengan cara beriklan banyak dimanfaatkan brand untuk mendatangkan sales ataupun sekadar meningkatkan brand awareness produknya. Salah satu iklan yang digunakan ialah iklan komersial.

Iklan komersial adalah jenis iklan yang bisa StickFriends temui dalam kehidupan sehari-hari. Iklan ini dibuat dengan maksud untuk memperkenalkan suatu produk atau brand secara langsung kepada konsumen.

Oleh karena itu, cara membuat iklan yang menarik untuk konsumen dalam hal komersial juga tidak bertele-tele. Bahasa iklan yang digunakan untuk promosi menggunakan jenis ini sangat lugas dan jelas, sehingga pesan pemasaran dapat tersampaikan secara langsung.

Banyak brand yang sudah menggunakan commercial ads, entah di media massa cetak maupun dalam iklan digitalnya. Melihat hal itu, Anda juga perlu mempelajari atau memperdalam kembali tentang apa yang dimaksud dengan iklan tersebut dan contohnya yang bisa digunakan untuk menawarkan produk secara hard selling kepada khalayak.

Baca juga: Mengenal Hard Selling & Perbedaannya dengan Soft Selling

Apa Itu Iklan Komersial?

arti commercial ads.jpg

Source: Shutterstock - Definisi iklan komersial.

Commercial ads atau disebut juga dengan iklan komersial adalah jenis iklan yang bisa StickFriends gunakan untuk mendukung kampanye pemasaran suatu produk atau jasa secara terang-terangan. Dengan menggunakan iklan komersial, masyarakat bisa mengenal produk atau jasa yang Anda pasarkan.

Secara umum, jenis iklan komersial sangat beragam, bergantung pada kebutuhan dan tujuan dari pemasaran yang ingin StickFriends capai. Karena menggunakan media yang bervariasi, maka idealnya commercial ads akan berdampak pada peningkatan jumlah permintaan terhadap produk atau jasa yang StickFriends iklankan.

Ciri-ciri Iklan Komersial

Agar tidak salah dalam mengenali antara commercial ads dan non commercial ads, Anda wajib memahami apa saja karakter iklan tersebut. Berikut adalah ciri-ciri dari iklan komersial yang harus StickFriends pahami ketika membuat campaign marketing untuk produk.

1. Termasuk Jenis Iklan Berbayar

Ciri pertama dari commercial ads, yaitu termasuk jenis iklan komunikasi berbayar yang memiliki tujuan utama komersial. Iklan komersial biasanya menampilkan produk atau jasa serta informasi produsen secara lengkap dan jelas.

Tujuan penyampaian informasi tersebut adalah agar para konsumen mengetahui nama brand dan melakukan pembelian atas produk atau jasa dari brand tersebut.

2. Bersifat Persuasif

Ciri selanjutnya dari commercial ads, yaitu bersifat persuasif. Untuk menarik perhatian masyarakat, commercial ads ini biasanya dibuat lebih persuasif agar bisa menjangkau target pasar.

StickFriends bisa menggunakan kalimat ajakan atau himbauan untuk melakukan pembelian terhadap produk atau jasa yang StickFriends iklankan.

3. Bukan Termasuk Bentuk Komunikasi Personal

Sesuai dengan ulasan sebelumnya, commercial ads adalah bentuk komunikasi kepada masyarakat luas atau non personal communication. Oleh karena itu, StickFriends harus membuat iklan ini semenarik mungkin untuk menjangkau target pasar sebesar-besarnya.

4. Memiliki Target Pasar Tertentu

Setiap brand pasti memiliki target pasar tersendiri sesuai dengan produk atau jasa yang diiklankan. Jika dulu, iklan hard selling ini sering StickFriends temui di media televisi dan radio, maka saat ini media iklan komersial ini menjadi lebih beragam.

Variasi platform yang digunakan dalam promosi produk tersebut bisa StickFriends sesuaikan dengan target pasar yang ingin StickFriends jangkau. Sebagai contoh, jika StickFriends memiliki produk yang segmentasi pasarnya adalah anak muda, maka StickFriends sebaiknya menggunakan media sosial sebagai platform iklan.

Hal ini karena saat banyak anak muda yang menggunakan media sosial sebagai media komunikasi. Pemilihan media iklan yang tepat akan mengoptimalkan dampak penjualan yang ingin StickFriends capai. Jadi, sambil membuat iklan yang soft selling dalam bentuk video Reels, Anda juga bisa menjalakan iklan komersial untuk mencapai tujuan tertentu.

Jenis-Jenis Iklan Komersial

commercial ads type.jpg

Source: Shutterstock - Mengenal berbagai jenis iklan komersial yang dapat digunakan.

Untuk memudahkan StickFriends dalam mengenali berbagai bentuk iklan komersial yang ada, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis dari iklan tersebut. Sebab, ketika Anda akan memasarkan produk menggunakan jenis komersial, Anda akan tahu tipe iklan komersial mana yang cocok untuk rencana kampanye Anda.

Lantas, apa saja jenis iklan komersial itu? Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak ulasan di bawah ini.

1. Komersial Strategi

Jenis iklan komersial yang pertama, yaitu komersial strategi. Komersial strategi memiliki fungsi untuk membangun dan mengembangkan suatu brand. Commercial Ads yang termasuk jenis ini biasanya ditandai dengan konten iklan yang didominasi oleh informasi keunggulan atau manfaat produk atau jasa yang ditawarkan.

Tujuan utama yang ingin dicapai dari iklan komersial adalah membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen. Jadi, Anda tidak hanya sekadar mendorong audiens untuk mengetahui dan membeli produk, tetapi juga untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

2. Komersial Taktis

Jenis selanjutnya, yaitu komersial taktis. Komersial taktis lebih bersifat hard selling dibandingkan dengan komersial strategi. Iklan komersial taktis lebih menekankan pada konsumen untuk segera melakukan pembelian terhadap brand yang sedang diiklankan.

Ciri utama dari commercial ads jenis ini, yaitu adanya suatu penawaran khusus dan menarik yang ditawarkan dalam periode waktu tertentu. Untuk mendapatkan respon yang cepat dari konsumen, periode waktu penawaran tersebut bisa StickFriends buat sesingkat mungkin.

Baca Juga: Ini Pengertian Iklan Penawaran & Contohnya yang Kreatif

Tujuan Iklan Komersial

Setelah StickFriends mengetahui apa saja ciri-ciri dan beberapa jenis dari commercial ads, berikut ini adalah tujuan dari penggunaan iklan tersebut. Selain untuk meningkatkan penjualan, ada juga tujuan lainnya yang bisa Anda capai ketika menggunakan iklan yang satu ini.

1. Memperkenalkan Brand

Pertama, iklan komersial bertujuan untuk memperkenalkan suatu brand. Brand perlu mengiklankan produk atau jasa yang dijual melalui iklan agar brand dan produknya dapat dikenal oleh konsumen.

Jika StickFriends memiliki brand yang baru saja dirilis, maka iklan merupakan salah satu strategi pemasaran utama yang bisa StickFriends lakukan.

Dengan memperkenalkan suatu merek kepada konsumen, maka akan menciptakan kesadaran terhadap produk yang ditawarkan. Jika StickFriends sudah bisa mencapai strategi brand awareness, maka pemasaran untuk produk baru selanjutnya akan lebih mudah.

2. Menarik Perhatian Konsumen

Tujuan selanjutnya dari iklan komersial, yaitu untuk menarik perhatian konsumen. StickFriends harus bisa meyakinkan konsumen jika produk yang StickFriends iklankan merupakan produk yang lebih baik daripada produk para kompetitor.

Selain untuk meyakinkan konsumen, iklan tersebut juga bisa StickFriends gunakan untuk menciptakan citra yang positif dari suatu brand. Jika StickFriends bisa meyakinkan konsumen dan menciptakan citra merek yang positif, maka kemungkinan konsumen akan membeli produk yang StickFriends tawarkan akan lebih tinggi.

Untuk menarik perhatian konsumen, StickFriends bisa menonjolkan keunggulan dan manfaat produk tersebut serta membuat perbandingan dengan produk serupa dari para kompetitor. StickFriends juga bisa menggunakan bahasa yang persuasif untuk meyakinkan para konsumen.

Baca Juga: 10+ Strategi Pemasaran Produk dan Langkah-langkahnya yang Efektif

3. Mempertahankan Eksistensi Brand

StickFriends perlu tahu jika setiap produk memiliki life cycle masing-masing. Permintaan setiap produk pasti akan mengalami penurunan setelah mencapai kondisi maturity tertentu di pasar. Namun sebagai pemilik produk, StickFriends pasti ingin mempertahankan eksistensi dan permintaan produk di pasaran.

Hal tersebut bisa StickFriends lakukan melalui commercial ads. StickFriends bisa melakukan strategi pemasaran untuk mengingatkan konsumen akan produk yang sedang mengalami penurunan permintaan tersebut. Strategi pemasaran tersebut dikenal juga dengan sebutan reminder advertising.

Contoh Iklan Komersial

Commercial ads merupakan salah satu bentuk strategi pemasaran yang umum digunakan terutama di Indonesia. Ada beberapa contoh iklan komersial yang populer di Indonesia. Beberapa bahkan populer untuk waktu yang sangat lama.

Contoh iklan komersial yang populer, yaitu iklan mie instan dari bran terkenal Indonesia, yaitu Indomie. Commercial ads dari Indomie ini sudah populer sejak tahun 90-an hingga sekarang. Bentuk commercial ads yang populer dari Indomie yaitu menggunakan lirik lagu kebangsaan yang mudah dikenali oleh masyarakat.

“Dari Sabang sampai Merauke” adalah salah satu potongan lirik lagu dari iklan hard selling Indomie yang sangat populer. Selain lirik lagu, [tagline iklan] Indomie, yaitu “Indomie Seleraku” juga merupakan bentuk commercial ads yang populer dari Indomie.

Contoh commercial ads yang populer selanjutnya, yaitu dari brand minuman probiotik Yakult. Sama halnya dengan Indomie, Yakult juga memiliki bentuk commercial ads yang populer menggunakan lirik lagu. Salah satu potongan lirik lagu yang populer dalam commercial ads Yakult yaitu “Cintai ususmu, minum Yakult tiap hari”.

Struktur Iklan Komersial

cara membuat iklan komersial yang mendatangkan sales.jpg Source: Shutterstock - Struktur membuat iklan komersial yang efektif.

Tidak jauh berbeda dengan iklan lain, iklan komersial juga mempunyai struktur yang hampir sama dengan iklan non-komersial. Hanya saja, yang membedakannya ialah cara penyampaian pesan yang dibuat.

Agar lebih jelas mengenai apa saja struktur iklan komersial tersebut, silakan pelajari melalui pembahasan di bawah ini. StickEarn sudah mengulas secara detail untuk Anda.

  • Judul (Headline): judul adalah elemen pertama yang menarik perhatian audiens. Judul yang baik harus dibuat secara singkat, menarik, dan langsung menyampaikan inti dari pesan iklan. Contoh pembuat judul dalam iklan komersial: "Diskon 50% Hanya Hari Ini!".

  • Subjudul (Subheadline): subjudul memberikan informasi tambahan yang mendukung judul. Biasanya terletak tepat di bawah judul dan memberikan konteks atau detail lebih lanjut untuk memikat audiens agar terus membaca. Contoh: "Nikmati potongan harga besar untuk semua produk elektronik".

  • Gambar atau Visual: struktur selanjutnya ialah visual. Visual adalah komponen penting dalam iklan karena dapat menarik perhatian dan menyampaikan pesan dengan cepat. Gambar, ilustrasi, atau video yang digunakan harus relevan dengan produk atau layanan yang diiklankan dan mampu menarik emosi atau minat audiens.

  • Teks Utama (Body Copy): teks utama adalah bagian dari iklan yang memberikan informasi lebih mendalam tentang produk atau layanan. Teks ini harus menjelaskan manfaat, fitur, dan keunggulan dari produk atau layanan tersebut.

  • Ajakan Bertindak (Call to Action/CTA): ajakan bertindak merupakan instruksi yang jelas kepada audiens tentang apa yang harus mereka lakukan selanjutnya. CTA harus spesifik dan mudah diikuti, misalnya: "Beli Sekarang," "Daftar Hari Ini," atau "Kunjungi Toko Kami".

  • Informasi Kontak atau Link (Contact Information or Links): bagian ini menyediakan informasi tentang bagaimana audiens dapat menghubungi perusahaan atau mengakses produk/layanan yang diiklankan. Ini bisa berupa nomor telepon, alamat email, situs web, atau link ke media sosial.

Buat Iklan Komersial Anda Sekarang

Melihat pengertian dan manfaat dari iklan komersial, jenis tersebut sangat menguntungkan untuk Anda manfaatkan, StickFriends. Bagaimana tidak, melalui iklan ini, Anda bisa membuat copywriting iklan dan pesan pemasaran secara langsung.

Dengan begitu, audiens yang melihat iklan akan mengerti apa ingin ia lakukan bersama produk Anda. Misalnya, ketika Anda membuat iklan komersial untuk mengajak orang membeli produk, maka mereka langsung tahu bahwa yang harus dilakukan setelah melihat iklan ialah berbelanja agar bisa mengkonsumsi produk.

Oleh karena itu manfaat yang diberikan, Anda wajib menjalankan kampanye komersial menggunakan jenis iklan yang satu ini. Anda dapat membuatnya melalui channel online ataupun offline.

Namun, jika Anda berencana beriklan di luar ruang, Anda bisa menggunakan menjalankan kampanye iklan komersial di OOH bersama StickEarn. StickEarn menyediakan berbagai iklan OOH yang bisa digunakan oleh brand, seperti beriklan di mobil, kendaraan umum transit, atua Billboard dan MobileLED serta Mobile Showcase

Jadi, tunggu apa lagi! Mari, optimalkan strategi pemasaran Anda bersama StickEarn dengan klik banner di bawah atau pelajari lebih lanjut produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png