Kita mengenal banyak jenis kegiatan marketing. Salah satu yang digunakan oleh pebisnis adalah strategi pemasaran 4P atau dikenal juga sebagai pemasaran mix 4P.

Strategi pemasaran 4P pertama kali diperkenalkan pada tahun 1960 oleh E Jerome McCarthy. Ada empat aspek krusial yang disebutkan oleh Jerome sebagai 4P yang efektif untuk bisnis, yakni product, promotion, placement, dan price.

Model strategi pemasaran itu kini banyak digunakan, bahkan menjadi salah satu bahasan wajib ketika marketers berdiskusi mengenai Marketing 101. Namun, di era kemajuan teknologi seperti sekarang, pemasaran 4P terus berkembang sehingga melahirkan strategi baru yang dinilai lebih efektif. Apa sajakah itu?

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda wajib menyimak pembahasan ini. Pada artikel ini, StickEarn telah menjelaskan macam-macam teknik marketing 4P yang optimal dan cara penerapannya.

Baca juga: Strategi Marketing Mix dengan Iklan Offline-to-Online, Apakah Efektif?

Pengertian Strategi Pemasaran 4P

strategi pemasaran produk menggunakan 4P.jpg

Source: Unsplash - Strategi dalam 4P marketing berfokus pada pengembangan product, promotion, placement, dan price.

Strategi pemasaran 4P atau dikenal dengan sebutan marketing mix adalah pendekatan yang digunakan dalam pemasaran untuk mengidentifikasi dan mengatur elemen-elemen kunci dari sebuah produk atau layanan.

Strategi 4P dalam pemasaran terdiri dari empat aspek, yaitu product, promotion, placement, dan price. Ringkasnya, product merupakan barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. Price merupakan nilai moneter yang ditetapkan untuk produk atau layanan yang ditawarkan.

Aspek selanjutnya, yaitu Place merupakan lokasi atau saluran distribusi produk atau layanan sehingga dapat diakses oleh pelanggan. Terakhir, promotion merupakan upaya untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan potensial.

Dengan menggunakan strategi pemasaran 4P ini, perusahaan dapat mengoptimalkan upaya pemasaran mereka dengan mempertimbangkan aspek 4P marketing untuk mencapai tujuan bisnis dan memenuhi kebutuhan pelanggan.

Strategi 4P Marketing pada Iklan Luar Ruang

Seperti halnya startegi pemasaran produk, pemasaran 4P juga memiliki manfaat dan tujuannya sendiri. Beberapa manfaat dan tujuan dari strategi 4P marketing adalah penargetan pelanggan yang efektif, penetapan harga yang optimal, diferensiasi dengan pesaing, serta dapat meningkatkan kesadaran dan minat pelanggan.

Pascapandemi Covid-19 tidak lagi dianggap berbahaya , mobilitas masyarakat dan kegiatan ekonomi sosial kembali berangsur pulih. Karenanya, iklan-iklan luar ruang atau Out-of-Home (OOH) Advertising kembali menyita perhatian karena dinilai efektif sebagai sarana beriklan.

Lantas, bagaimana penerapan strategi pemasaran 4P pada iklan OOH di masa kini? Berikut penjelasan dari implementasi pemasaran 4P dengan pemanfaatan iklan OOH sebagai salah satu cara memasarkan produk.

1. Produk (Product)

Strategi pemasaran 4P dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan bisnis yang berkaitan dengan iklan atau pemasaran produk. Misalnya, Anda dapat memperkenalkan produk baru dari perusahaan dengan menggunakan iklan OOH yang menarik.

Nantinya, hal ini akan menarik perhatian audiens, terlebih jika ditempatkan di lokasi strategis untuk memperkenalkan produk baru kepada pasar target. Anda juga dapat menggunakan iklan OOH untuk menyoroti fitur unik dari produk yang Anda pasarkan.

Gunakan iklan OOH yang kreatif untuk menyoroti fitur unik dari produk Anda, sehingga dapat menarik minat pelanggan potensial. Contohnya, Madam Gie yang memanfaatkan media iklan berupa billboard untuk memasarkan produk sunscreen mereka.

Desain grafis yang menarik, penempatan billboard yang menjulang tinggi di titik-titik strategis membuat iklan OOH mereka mendapat banyak perhatian dari audiens yang berlalu-lalang.

2. Harga (Price)

Media iklan OOH juga dapat Anda kolaborasikan dengan strategi pemasaran 4P dari aspek price atau harga. Misalnya, Anda dapat mengiklankan penawaran spesial dalam waktu terbatas.

Penggunaan iklan OOH ini bisa Anda manfaatkan untuk mengkomunikasikan penawaran khusus tersebut, seperti diskon atau layanan terbatas lainnya. Hal ini akan mendorong pembelian pelanggan ketika melihat iklan dari produk atau brand Anda.

Anda juga dapat memanfaatkan iklan OOH sebagai strategi pemasaran 4P untuk menekankan pada nilai produk yang hendak Anda pasarkan. Penggunaan media luar ruang dapat menjadi saranan yang tepat untuk menyoroti nilai produk Anda, baik dari segi kualitas, keuntungan, atau harga yang kompetitif.

3. Tempat (Place)

Dalam mempromosikan lokasi toko, iklan OOH juga dapat Anda manfaatkan, StickFriends. Anda dapat menggunakan media luar ruangan, OOH/DOOH di dekat lokasi toko guna meningkatkan kesadaran dan memudahkan pelanggan menemukan lokasi bisnis Anda.

Anda juga dapat menggunakan media tersebut untuk menginformasikan kepada pelanggan tentang lokasi terdekat mereka dari toko. Hal ini akan memudahkan audiens untuk mengakses produk Anda.

Baca juga: Jenis Iklan Luar Ruangan yang Banyak Digunakan

4. Promosi (Promotion)

promosi dalam 4p pemasaran.jpg

Source: Unsplash - Mempromosikan produk dalam pemasaran 4P dapat Anda lakukan menggunakan media luar ruang.

Dalam mempromosikan acara atau product campaign dari bisnis Anda, Anda pun dapat menggunakan media outdoor advertising ini Media iklan tersebut sangatlah berguna untuk mempromosikan acara khusus atau kampanye pemasaran Anda, seperti peluncuran produk, festival, atau diskon besar-besaran.

Salah satu produk dari Chocomory, yaitu Choco Bar Cashew, menggunakan media iklan luar ruang untuk digital branding produk tersebut. Bekerjasama dengan StickEarn, Chocomory menggunakan Vending Machine Advertising untuk mengajak pelanggan berinteraksi dengan produk mereka melalui scan QR yang ada di mesin tersebut.

5. Merek (Brand)

Pemanfaatan offline sebagai sarana pemasaran 4P membawa manfaat yang efektif untuk meningkatkan brand awareness. Penggunaan iklan di jalan yang menarik dan tak bias dilewati membuat konsumen mudah mengingat brand.

Selain itu, media ini juga dapat menciptakan pengalaman menarik yang melibatkan konsumen. Misalnya, adanya instalasi interaktif atau penggunaan teknologi AR (Augmented Reality) atau QR code untuk menciptakan pengalaman positif brand Anda.

Aktivitas marketing tersebut pun pernah dilakukan oleh HBO ketika mempromosikan series terbaru mereka berjudul “The Last of Us”. Bekerjasama dengan StickEarn, HBO menjalankan strategi guerilla marketing untuk menyajikan instalasi yang unik di kawasan Sudirman.

Hasilnya, promosi bisnis yang dilakukan oleh HBO terlihat eye-catching, sehingga menjadi pusat perhatian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai iklan OOH kreatif HBO, bisa Anda di bawah.

Baca juga: 5 Iklan Luar Ruang Terunik di StickEarn

Sudah Siap Merancang Strategi Pemasaran 4P Anda?

Melalui penjelasan di atas, StickFriends telah mengetahui apa itu strategi pemasaran 4P, penerapan, dan contohnya. Pembahasan ini dapat menambah insigt untuk Anda jika tertarik menerapkan strategi 4P marketing di perusahaan.

Menjalankan strategi pemasaran 4P, apalagi dikolaborasikan dengan media OOH, tentu menarik untuk dilakukan. Sebab, ada banyak manfaat yang akan Anda dapat ketika menerapkan strategi pemasaran ini.

Anda pun dapat segera melaksanakannya, StickFriends. Anda bisa menggunakan layanan iklan luar ruang, seperti Billboard, Digitron, maupun Vending Machine Advertising, hingga MobileLED kami untuk mempromosikan produk kepada khalayak dengan lebih inovatif dari biasanya!

Bagaimana, tertarik? Kalau begitu, silakan klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih lanjut berbagai produk StickEarn .

CTA Banner Blog - 01.png