Dalam menjalankan bisnis, penting untuk mengatur strategi pemasaran guna menghindari kegagalan dalam penjualan. Strategi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting karena dapat memajukan bisnis Anda.

Salah satu contohnya yang perlu Anda pahami ialah strategi komunikasi pemasaran.Strategi komunikasi pemasaran adalah hal yang penting karena berperan sebagai media komunikasi yang menghubungkan penjual dan pembeli, sehingga pesan pemasaran dapat tersampaikan dengan baik.

Sebab, selain dapat menguntungkan bagi bisnis Anda, menerapkan komunikasi pemasaran atau marketing communication juga dapat membantu branding produk. Riset BINUS mengatakan bahwa komunikasi pemasaran yang diterapkan dengan baik dapat membuat perusahaan meningkatkan awareness dan kepercayaan.

Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menerapkan teknik pemasaran yang efektif agar objektif bisnis tersampaikan dengan baik. Lantas, bagaimana cara menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif? Mari cari tahu lebih lanjut di artikel ini.

Baca juga: Apa Itu Marketing? Ini Contoh Strategi & Aktivitas Pemasaran Produk

Apa itu Strategi Komunikasi Pemasaran?

Mengapa strategi komunikasi pemasaran itu penting.jpg

Source: Freepik - Memahami pengertian strategi komunikasi pemasaran yang efektif untuk perusahaan.

Strategi komunikasi pemasaran adalah suatu usaha perencanaan pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan produk, serta menyampaikan informasi dan ajakkan kepada konsumen agar menggunakan suatu produk yang dipasarkan.

Perlu diketahui bahwa strategi komunikasi pemasaran pada dasarnya mempunyai dua konsep, yaitu model PESO PESO (Paid, Earned, Social, Owned) yang digunakan untuk memotong biaya iklan di media-media cetak, tv, dan radio. dan NICE (New, Interest, Convert, Engage) yang memprioritaskan cara perusahaan dalam berkomunikasi, seperti kapan, siapa, dan mengapa berkomunikasi dengan public. Tentunya kedua jenis ini sama-sama bertujuan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Selain itu, terdapat metode strategi komunikasi lainnya yang dapat Anda gunakan. Metode tersebut adalah soft selling. Metode soft selling adalah metode yang digunakan untuk menarik dan mengajak pembeli secara halus.

Nah, melalui metode strategi komunikasi tersebut, Anda pun dapat membuka peluang untuk lebih mendekati konsumen, sehingga terciptalah ikatan emosi yang kuat antara brand dan konsumen. Bahkan,Anda juga bisa mendorong konsumen untuk membeli produk.

Tujuan Strategi Komunikasi Pemasaran

Selaras dengan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa bahwa strategi komunikasi mempunyai peranan yang sangat penting. Teknik ini dapat membantu Anda meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan.

Pasalnya, strategi komunikasi pemasaran memiliki tujuan yang paling utama, di antaranya ialah untuk membujuk dan mengajak konsumen datang serta membeli produk bisnis Anda.

Selain itu, strategi komunikasi pemasaran yang baik juga akan menarik investor untuk berinvestasi pada perusahaan Anda karena perusahaan Anda memiliki citra yang baik dan jika hal tersebut terjadi, maka akan meningkatkan keuntungan penjualan perusahaan Anda.

Contoh Strategi Komunikasi Pemasaran

Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang efektif.jpg

Source: Freepik - Jenis-jenis strategi komunikasi marketing.

Namun, yang sekarang menjadi pertanyaan ialah adakah contoh strategi komunikasi dapat menjadi tolok ukur atau inspirasi dalam membangun komunikasi yang baik dengan konsumen? Berikut adalah penjelasan contoh-contoh dari strategi komunikasi pemasaran yang dapat Anda implementasikan.

1. Model PESO (Paid, Acquisition, Social, Owned)

Contoh strategi komunikasi pemasaran PESO lebih menggunakan cara menghemat biaya dalam iklan di koran, TV, dan radio. Konsep tersebut juga menggabungkan beberapa langkah marketing, di antaranya:

  • Iklan berbayar
  • Iklan yang didapat
  • Iklan bersama-sama
  • Platform miliki sendiri

Sebagai contoh pada iklan berbayar. Iklan ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau target konsumen berdasarkan pada siapa mereka dan bagaimana perilaku mereka pada saat di media sosial.

2. Model NICE (New, Interest, Conversion, Involve)

Contoh model strategi komunikasi pemasaran NICE lebih mengutamakan bagaimana cara perusahaan berkomunikasi dengan target konsumen. Tahapan model NICE, yaitu dengan menentukan target konsumen baru dan membangun citra baik perusahaan.

Langkah tersebut dicapai dengan cara bekerjasama dengan blogger, blog SEO, influencer, iklan online, dan lainnya. Setelah itu, perusahaan akan berfokus pada bagaimana caranya menarik perhatian target konsumen baru.

Pada langkah ini, sedikit memerlukan usaha lebih untuk menarik perhatian target konsumen baru. Sebab, akan beberapa rintangan dalam menarik konsumen pada marketing funnel tingkat konversi.

Langkah konversi ini ialah dengan mengajak audiens untuk membeli produk. Dalam langkah tersebut juga diperlukan sistem pemasaran dan retargeting dengan konten yang relevan.

Baca juga: Ragam Ide Iklan Outdoor Media yang Kreatif & Unik

Terapkan Strategi Komunikasi Pemasaran agar Bisnis Berkembang!

Itulah beberapa penjelasan mengenai strategi komunikasi pemasaran. Jika disimpulkan, dengan menerapkan strategi tersebut, akan membuat bisnis Anda berkembang dan tentunya dapat membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Guna mencapai hal itu, Anda wajib menerapkan strategi komunikasi pemasaran untuk membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Sebagai saran, jika Anda lebih ingin mengenalkan produk ke cakupan yang lebih luas, Anda bisa mencoba beriklan menggunakan salah satu iklan luar ruang StickEarn, yaitu Videotron. Contoh iklan OOH yang satu ini dapat membantu Anda membangun komunikasi yang baik dengan audiens yang ada di luar ruang.

Media iklan Videotron memiliki keunikkan tersendiri, yaitu layar yang lebar dan memungkinkan Anda dalam berkreativitas, sehingga iklan Anda akan tampil lebih menarik.

Jika Anda tertarik sewa iklan di Videotron, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png