Di tengah perkembangan iklan, pemasaran kreatif dan inovatif menjadi kunci untuk menarik perhatian konsumen. Salah satu iklan yang banyak digunakan untuk menunjang kreativitas pemasar ialah iklan luar ruang atau OOH.

Pasalnya, iklan jenis tersebut kini hadir dalam berbagai bentuk yang bisa membantu brand untuk menjalankan kreativitas beriklannya. Dilansir dari Movia Media, lama waktu menonton iklan di luar ruang, khususnya jenis Digital OOH (DOOH Advertising) meningkat sebesar 60% jika dibandingkan dengan iklan statis.

Hal ini menandakan bahwa masyarakat tertarik dengan konten yang ditayangkan pada media iklan outdoors di jalan. Oleh karena peluang inilah, Anda perlu mempelajari tentang apa itu pemasaran kreatif dan contohnya dalam membuat pemasaran offline yang efektif di bawah ini.

Baca juga: 5+ Alasan Kenapa Brand Perlu Beriklan di Digital OOH

Apa Itu Creative Marketing?

apa itu creative marketing.jpg

Source: Freepik - Ide marketing untuk meningkatkan penjualan.

Sebelum membahas lebih dalam tentang strategi creative marketing, penting untuk terlebih dahulu memahami apa yang dimaksud dengan pemasaran kreatif. Kata "kreatif" sendiri berkaitan dengan suatu pendekatan yang inovatif.

Sementara itu, pemasaran adalah metode untuk menjual produk atau jasa. Jika keduanya digabungkan, pemasaran kreatif adalah menjual produk atau jasa dengan cara yang kreatif dengan tujuan mencapai target penjualan yang diinginkan.

Dalam pemasaran, peran kreativitas sangatlah penting untuk menciptakan inovasi dalam mempromosikan produk. Sebagai audiens Anda tentu tidak menyukai promosi yang membosankan, bukan?

Maka dari itu, banyak advertiser yang menggunakan berbagai macam cara hingga media-media promosi kreatif, seperti Out-Of-Home (OOH) media untuk menarik perhatian target audiens mereka. Dengan pendekatan ini, konsumen tidak hanya aware terhadap produk yang sedang dipromosikan, tetapi juga bersedia untuk berinteraksi lebih sering dengan bisnis Anda karena memberikan kesan yang membekas di benak mereka.

Salah satu contoh strategi pemasaran kreatif yang baru-baru ini ramai dibicarakan adalah iklan Susu Cimory. Untuk mengenalkan 14 varian rasa susu mereka, Cimory menonjolkan copywriting yang kreatif pada media Billboard untuk menarik perhatian masyarakat.

Kampanye ini menggabungkan banyaknya varian rasa yang mereka miliki dengan besarnya papan Billboard, sehingga digunakanlah copy ‘Banyak banget rasanya, Billboard sampai gak muat’. Akhirnya, beberapa varian susu diletakkan terpisah di luar layar billboard. Sungguh menarik bukan? Billboard Cimory ini menjadi perbincangan hangat di media sosial berkat konsepnya yang unik dan kreatif.

Jika tertarik untuk membuat promosi serupa, Anda bisa meminta bantuan StickEarn untuk memasang iklan billboard kreatif di berbagai lokasi strategis. Sebagai alternatif, StickFriends juga bisa menyimak beberapa ide pemasaran kreatif lainnya pada OOH Advertising di bawah ini.

Cara Pemasaran Kreatif dengan Iklan OOH

Dalam industri kreatif, pemasaran tidak hanya dilakukan melalui iklan online saja, tetapi juga bisa dilakukan secara offline. Dengan memaksimalkan penggunaan kedua jenis iklan tersebut, kampanye Anda akan menghasilkan impresi yang luar biasa.

Tidak hanya itu, menggabungkan iklan digital dan konvensional juga dapat menciptakan sinergi yang memperkuat pesan merek Anda. maka dari itu, simak penjelasan di bawah ini mengenai beberapa strategi pemasaran kreatif melalui media promosi OOH.

1. Tentukan Media Iklan yang Menguntungkan

unsur_kreativitas_dalam_pemasaran.jpg

Source: Doc.StickEarn - Contoh iklan kreatif dan eye-catching MobileLED Advertising promosi Miniso.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membuat pemasaran yang kreatif adalah menentukan media iklan apa yang akan digunakan. Dengan menentukan terlebih dahulu media promosi yang akan dipilih, StickFriends akan lebih mudah untuk membuat konsep marketing yang sesuai.

Media iklan berjalan seperti MobileLED bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Saluran ini memiliki keunggulan yang dapat menampilkan iklan Anda sepanjang jalur yang diinginkan.

Jadi, pesan promosi StickFriends tidak hanya terpaku di satu lokasi saja, tetapi dapat tampil di berbagai tempat strategis. Dengan cara ini, iklan tersebut tidak hanya menjangkau target audiens di satu titik, tetapi juga menarik perhatian pengendara dan orang-orang di sepanjang jalan.

Baca juga: Mengenal Iklan Transit & Kelebihannya bagi Pemasaran

2. Persiapkan Konsep Marketing yang Efektif

trend iklan kreatif di ooh.JPG

Source: Doc.StickEarn - Pemasaran kreatif MakeOver dengan Mobile Showcase.

Setelah menentukan saluran pemasaran yang diinginkan, ini saatnya Anda menyiapkan konsep marketing yang tepat untuk produk Anda. Dengan memilih konsep yang efektif, tentunya tujuan pemasaran bisnis akan lebih mudah tercapai.

Salah satu contoh kampanye iklan efektif yang dapat membantu Anda meningkatkan engagement ialah kampanye produk kosmetik dari MakeOver. Bersama StickEarn, MakeOver memilih Mobile Showcase sebagai media promosi sekaligus brand activation yang seru.

Pada instalasi tersebut, pengunjung mendapatkan kesempatan untuk melihat produk terbaru hingga mencoba photobooth ala Korea. Tidak berhenti sampai di sana, audiens juga bisa mendapatkan hadiah produk make up MakeOver secara gratis bila mengikuti permainan.

Dengan kegiatan ini, MakeOver bisa meningkatkan keterlibatan audiens, baik secara langsung maupun di media sosial. Pasalnya, brand ini juga menggabungkan interaksi pada saluran offline dan online, sehingga brand experience dan engagement di media sosial akan menjadi semakin kuat.

3. Buat Pesan dan Desain yang Menarik

iklan kreatif di kendaraan umum.JPG

Source: Doc.StickEarn - Desain kreatif kampanye Sunlight di kereta commuter line.

Langkah terakhir yang harus StickFriends lakukan adalah membuat perencanaan konten yang menarik. Dalam hal ini, pemilihan desain dan pesan yang digunakan pada iklan haruslah memikat dan relevan.

Pada bagian desain, alangkah baiknya jika StickFriends menggunakan warna-warna cerah untuk menarik perhatian audiens. Pastikan juga desain yang dibuat selaras dengan brand identity, supaya bisnis Anda mudah dikenali.

Tidak lupa, desain iklan juga harus disesuaikan dengan format media promosi yang digunakan. Jika Anda menggunakan media iklan di transportasi umum, seperti bus atau kereta, maka StickFriends bisa memanfaatkan badan bus atau gerbong kereta untuk memperlihatkan visual yang besar dan menonjol.

Selain desain, Anda juga perlu memperhatikan pesan yang akan disampaikan pada iklan. Pesan yang baik ialah pesan yang sesuai dengan target audiensnya.

Maka dari itu, dalam membuat pesan yang menarik sebisa mungkin Anda mengetahui demografi penumpang pada moda transportasi tersebut. Dengan begini, mereka akan lebih tertarik untuk melihat dan membaca pesan tersebut.

Baca juga: Contoh Iklan Produk Simple & Menarik di Bus Advertising

Beriklan Bersama Jasa Pemasangan Iklan Tepercaya!

Setelah mengetahui strategi creative marketing pada OOH Advertisinng, kini saatnya StickFriends membuat iklan kreatif versi bisnis Anda. Rancanglah konsep iklan yang menarik agar target pemasaran tercapai.

Tidak usah khawatir dengan media promosi yang akan digunakan karena StickEarn siap membantu Anda untuk beriklan di media luar ruang. Anda bisa bekerjasama dengan StickEarn untuk menjangkau masyarakat secara khusus, seperti di bus dan train advertising atau di MobileLED dan Mobile Showcase Advertising yang memiliki visual menarik dan teknologi pengukuran metriks yang canggih.

Untuk pasang iklan di StickEarn dengan strategi pemasaran produk yang kreatif, silakan klik banner di bawah atau pelajari produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png