Penggunaan iklan di kendaraan sebagai strategi corporate branding di mobil kantor sudah sangat umum dilakukan oleh beberapa perusahaan. Tujuannya tidak lain ialah untuk memperkenalkan bisnis kepada segmentasi market yang lebih luas.

Karena sangat umum, kini hadir juga cara baru dalam meningkatkan citra merek melalui bus branding, yang dinilai efektif karena daya tarik yang dimilikinya. Salah satu hal menarik dalam mem-branding produk di bus lantaran transportasi umum ini berukuran besar dan mencolok di mata publik.

Melihat keuntungan yang dihasilkan dari pemasangan iklan di bus branding, maka tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakan media tersebut untuk promosi produk yang secara lebih menarik. Anda pun perlu mempelajari strategi iklan OOH ini agar dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran.

Jika tertarik memahami apa itu product branding di bus dan contohnya, Anda bisa menyimak lebih lanjut pembahasan StickEarn di bawah ini.

Baca juga: 5+ Jenis Branding yang Perlu Diketahui dalam Bisnis

Pengertian Bus Branding

desain iklan di bus.jpg

Source: Doc. Foto StickEarn - Ide bus branding di Transjakarta untuk promosi produk.

Seperti namanya, bus branding adalah strategi pemasaran yang dilakukan untuk membranding perusahaan beserta produk di dalamnya. Strategi ini biasanya melibatkan penempatan merek, logo, atau kampanye dari bisnis tertentu untuk ditampilkan di badan bus.

Selain untuk membangun citra merek yang positif, tujuan lain dari corporate branding di bus adalah untuk memperluas jangkauan bisnis, mempromosikan produk atau layanan. Bahkan, pada tahap lebih lanjut, juga digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Dari segi fungsinya itu, bus advertising berfungsi untuk membuat merek lebih mudah diingat di benak masyarakat. Tentunya ini tidak menjadi hal yang sulit, melihat jangkauan transportasi umum yang luas dan ramai akan penduduk.

Misalnya ,saja iklan Sprite di badan bus yang mungkin tidak asing di mata para pejalan atau pengendara. Promosi tersebut menjadi salah satu contoh branding produk menggunakan bus yang sederhana, tetapi menarik.

Pasalnya, ukuran iklan yang besar membuatnya sangat terlihat oleh target audiens yang sedang berada di luar rumah. Lalu, perpaduan antara desain yang ‘segar’ dan pesan yang persuasif iklan juga semakin membuat orang di sekelilingnya tertarik untuk menyicipi produk yang ditawarakn Sprite.

Manfaat Bus Branding dalam Beriklan

Setelah memahami gambaran mengenai branding bus, selanjutnya Anda perlu mengetahui kelebihan dari penggunaan bus advertising sebagai media promosi offline. Secara garis besar, manfaat menggunakan bus untuk branding ialah karena jangkauannya yang luas, yang melintasi rute strategis yang padat akan penduduk.

Sebagai advertiser, StickFriends juga bisa menargetkan lokasi atau demografi tertentu yang sesuai dengan target audiens. Misalnya, jika target pasar produk Anda ialah pekerja kantoran, Anda bisa memilih rute bus yang melalui kawasan perkantoran, seperti kooridor 1 Transjakarta, Kota-Blok M, sehingga branding yang dilakukan dapat tersampaikan pada sasaran yang tepat.

Dari segi jangka panjang, iklan di kendaraan umum seperti bus menjadi pilihan branding yang efektif untuk bisnis. Lantaran promosi pada iklan transit akan terus bergerak dan terlihat oleh publik sesuai dengan jam operasional.

Dengan begitu, iklan Anda berpotensi untuk dilihat oleh ribuan orang setiap harinya, termasuk pejalan kaki. Iklan Anda juga berpotensi dilihat oleh pengendara kendaraan lain, seperti sopir kendaraan online dan penumpangnya.

Hal ini menandakan bahwa product branding dengan bus sangat cocok digunakan untuk mempromosikan bisnis di jalanan. Dengan ukurannya yang besar, kesadaran audiens akan desain dan pesan yang sederhana, akan terlihat semakin mencolok dan mudah diingat oleh masyarakat.

Tidak hanya itu, desain bus branding yang kreatif juga bisa menghasilkan topik pembicaraan yang menarik di kalangan masyarakat. Dengan interaksi ini, bukan tidak mungkin kalau iklan viral di mana-mana, termasuk di luar ruang yang dibicarakan dalam sosial media.

Baca juga: Apa Itu Guerilla Marketing & Manfaatnya untuk Bisnis

Cara Kerja Bus Branding

contoh iklan komersial di bus.JPG

Source: Doc. StickEarn - Cara dan Contoh corporate branding menggunakan bus.

Sebagai media pemasaran yang efektif menjangkau pasar yang luas dan eksposur tinggi, corporate branding dengan bus kian menjadi primadona di kalangan brand besar untuk mengenalkan produk mereka. Keberhasilan brand tersebut tentu tidak bisa didapatkan dengan mudah.

Perencanaan yang matang sangat berperan besar pada kampanye mereka. Oleh karena itu, sebelum menggunakan branding bus, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa tahapan perencanaan, di antaranya sebagai berikut.

1. Perencanaan dan Strategi

Langkah pertama yang perlu disiapkan untuk memasang iklan di bus adalah merencanakan dan menyusun strategi yang tepat. Tentukan tujuan kampanye, target audiens, dan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perusahaan juga perlu memutuskan pesan apa yang ingin disampaikan dan bagaimana cara terbaik untuk menampilkannya di bus. Anda dapat mengajukan konsultasi dengan StickEarn pada tahap perencanaan ini supaya kampanye Anda berjalan sesuai keinginan.

2. Pemilihan Bus dan Rute

Langkah selanjutnya adalah memilih bus yang tepat dengan rute perjalanan yang strategis. Kedua hal ini menjadi komponen yang sangat penting untuk ditentukan dalam melakukan product branding.

Dengan memilih bus yang melintasi area ramai dan tempat berkumpulnya target audiens berada, maka eksposur yang dihasilkan pun akan menjadi lebih besar.

3. Desain Iklan

Setelah semua perencanaan selesai, Anda bisa membuat desain iklan yang nanti akan digunakan untuk branding. Contoh bus branding yang menarik, yaitu yang menggunakan desain yang kreatif.

Selain itu, pesan promosi juga harus mudah dipahami oleh target pelanggan. Dengan perpaduan visual yang eye-catching, branding logo perusahaan, dan pesan iklan yang simpel, maka citra merek akan semakin menguat.

4. Pencetakan dan Pemasangan

Setelah desain selesai, langkah berikutnya adalah mencetak iklan pada material stiker berkualitas tinggi yang tahan cuaca. Lalu, sticker bus tersebut ditempelkan pada unit yang dipilih.

Beberapa jenis pemasangan iklan pada bus branding umumnya berupa full wrap, yang memenuhi samping hingga belakang bodi bus. Proses pemasangan ini dilakukan oleh profesional untuk memastikan hasil yang rapi dan tahan lama.

Harga yang dipatok biasanya mengikuti jenis space yang dipilih dari wrapping iklan. Lalu, besaran harga sewa bus branding juga dapat dipengaruhi oleh ukuran kendaraan dan desain yang digunakan.

Baca juga: 5+ Strategi Offline Marketing Paling Efektif untuk Promosi

Pasang Bus Branding Anda Sekarang!

Setelah mengenal manfaat dan efektivitas bus branding, kini saatnya mem-branding bisnis Anda sendiri menggunakan bus untuk meningkatkan image terhadap brand. StickFriends bisa bekerjasama dengan StickEarn sebagai perusahaan advertising di Jakarta yang menyediakan layanan pemasangan iklan luar ruang di bus.

Kualitas pencetakan yang dihasilkan oleh StickEarn sangat berkualitas dan sesuai dengan standar profesional. Hal itu begitu kami jaga untuk memastikan iklan Anda tampil secara menarik, tahan lama, dan sesuai prosedur.

Jika Anda tertarik beriklan di bus branding, Anda bisa langsung klik banner di bawah atau pelajari produk iklan OOH StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png