Beriklan di motor kini banyak dipilih oleh berbagai brand sebagai sarana promosi bisnis mereka. Dengan beriklan di media Out-of-Home (OOH) tersebut, brand dapat meningkatkan brand awareness secara lebih optimal.

Karena adanya manfaat tersebut, informasi mengenai cara pasang iklan di motor pun banyak dicari marketers. Berbagai brand ingin mengetahui bagaimana cara pasang iklan di kendaraan itu agar promosi produknya diketahui oleh banyak orang.

Pasang iklan di motor merupakan cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menjangkau berbagai kalangan. Riset StickEarn membuktikan bahwa iklan di kendaraan roda dua tersebut bisa menghasilkan visibilitas 71%. Hal itu karena iklan yang Anda buat dibawa pengemudi ke berbagai tempat, seperti jalan besar sampai gang kecil, sehingga pesan promosi Anda dapat tersampaikan ke berbagai market dengan mudah.

Nah, jika Anda tertarik iklan di Transportation Advertising ini atau bingung mengenai bagaimana cara iklan di motor, dan memasang stiker iklan, terutama di StickEarn, Anda wajib menyimak informasi di bawah.

Baca juga artikel terkait OOH lainnya:

1. Identifikasi Tujuan dan Target Audiens

tahapan pasang iklan di motor.jpg

Source: Freepik - Cara pasang iklan dimulai dari menentukan tujuan dan audiens.

Sebelum Anda memutuskan untuk beriklan di kendaraan berjalan, seperti di motor, Anda wajib mengidentifikasi tujuan dan target audiens iklan terlebih dahulu. Anda harus tahu apa yang ingin Anda capai dari campaign marketing menggunakan Motorbike Advertising.

Lalu, Anda juga harus memetakan siapa saja audiens yang ingin Anda sasar dari campaign iklan itu. Apakah audiens iklan Anda konsumen yang berusia 18-25 tahun, kemudian bagaimana profesi dan ketertarikannya. Dengan mengidentifikasi target audiens, Anda dapat mengarahkan iklan untuk mencapai hasil yang optimal. Iklan juga akan tampil lebih personal, sehingga pesan marketing yang Anda kirim dapat tersampaikan.

Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara menentukan target market, Anda dapat menyimak artikel "Panduan Riset Pasar untuk Kebutuhan Iklan!" yang pernah StickEarn buat. Di artikel tersebut, kami telah membagikan langkah-langkah riset konsumen yang sesuai.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Meskipun iklan di motor terbilang sebagai media outdoor yang cerdas, sehingga dapat membantu Anda mengoptimalkan strategi meningkatkan kesadaran merek, tetapi Anda perlu mengkaji kembali lokasi yang ingin ditargetkan. Jangan sampai Anda keliru menargetkan lokasi iklan dengan latar belakang audiens yang sudah ditentukan di awal.

Misalnya, perusahaan Anda bergerak di bidang kecantikan. Tujuan Anda membuat iklan di motor ialah untuk menyebarluaskan informasi mengenai produk skincare terbaru Anda.

Audiens yang Anda ingin sasar ialah perempuan berusia 20-35 tahun. Maka, Anda bisa menayangkan iklan di motor di lokasi khusus, seperti di Sudirman, sekitaran Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Thamrin yang dikelilingi pusat perbelanjaan.

Lalu, Anda juga bisa menentukan lokasi penyebaran iklan itu di kawasan Jakarta Utara, seperti sekitaran Artha Gading, MOI, atau Sunter. Sebab, jika Anda perhatikan daerah tersebut terkadang menjadi area promosi offline brand kecantikan, sehingga Anda dapat mencuri peluang atau audiens brand-brand itu yang ada di daerah tersebut.

3. Pilih Jenis Iklan di Motor yang Diinginkan

contoh iklan di kendaraan motor bergerak.jpg

Source: Doc. StickEarn - Beriklan di motor dapat dilakukan melalui helm, bagian belakang motor, atau di jaket pengemudi.

Tidak berbeda dengan cara pasang iklan di Google yang menawarkan berbagai layanan, pasang iklan di motor pun demikian. Saat Anda memasang iklan di kendaraan, Anda dapat menampilkan iklan di berbagai tempat.

Ada beberapa tempat iklan di motor yang bisa Anda manfaatkan, di antaranya ialah di helm dan papan yang dipasang di belakang motor. Saat Anda beriklan di helm, Anda bisa mengubah helm pengemudi dan penumpang dengan stiker iklan perusahan.

Contoh brand yang memanfaatkan helm sebagai media iklan ialah Nivea. Iklan Nivea menyulap helm penumpang dengan stiker iklan brand, sehingga pesan pemasaran yang disampaikan oleh Nivea bisa diterima dengan baik, langsung, oleh konsumen.

Lalu, saat Anda beriklan di belakang motor dengan papan iklan, Anda dapat menggunakan poster iklan berukuran tertentu atau video iklan yang tampil di LED papan.

Tidak hanya itu saja, sebagai klien, Anda pun dapat memanfaatkan jaket pengemudi sebagai sarana periklanan, StickFriends. Brand bisa menyulap jaket pengemudi dengan menambahkan nama atau menyesuaikannya dengan kebutuhan campaign.

Anda dapat membuat iklan di motor secara kreatif dan unik sesuai keinginan. Karenanya, pilihlah jenis iklan yang paling sesuai dengan merek dan tujuan pemasaran Anda.

Pastikan juga bahwa desain iklan Anda menarik, mudah dibaca, dan sesuai dengan identitas merek Anda. Karena semua elemen itu menjadi faktor penentu kesuksesan iklan Anda.

Baca juga: 5 Iklan Luar Ruang Terunik di StickEarn

4. Pilih Perusahaan OOH di Jakarta Tepercaya

Ada banyak perusahaan jasa periklanan OOH dan DOOH di Jakarta yang bisa menjadi pilihan Anda. Namun, hanya beberapa yang menawarkan layanan pasang iklan di motor yang lengkap dan tepercaya.

Salah satu perusahaan itu ialah StickEarn. StickEarn merupakan perusahaan periklanan luar ruang yang menawarkan layanan iklan di motor untuk campaign brand.

Dengan beriklan bersama kami, Anda dapat membuat iklan kreatif untuk ditempel di motor atau menggunakan jasa StickEarn sebagai creative service yang akan membuatkan materi iklan Anda.

Selain itu, Anda pun dapat memaksimalkan jangkauan iklan dengan mudah dan terarah karena mitra driver StickEarn berasal dari pengemudi Grab. Dengan begitu, Anda pun dapat pasang iklan di Grab.

Jadi, sudah pasti iklan Anda akan dibawa menuju lokasi yang strategis dan dilihat secara langsung oleh berbagai kalangan audiens. StickEarn dapat menjamin iklan di motor Grab yang Anda pasang akan memberikan dampak yang positif untuk bisnis.

Cara pasang iklan di motor melalui StickEarn cukup mudah. Ditambah lagi, harga pasang iklan di motor untuk kampanye pemasaran juga dapat brand sesuaikan.

Jika Anda tertarik, silakan klik banner beriklan yang ada di bawah dan isi formulir pendaftarannya. Sales kami akan langsung membantu Anda.

5. Pantau dan Evaluasi

hasil iklan di motor.jpg

Source: Freepik - Cara beriklan di motor yang tepat.

Setelah iklan Anda berjalan, jangan lupa untuk memantau progres kampanye pemasaran tersebut secara berkala, StickFriends. Gunakan tools analisis untuk melacak efektivitas iklan, seperti impression, jumlah audiens, hingga konversi.

Jika Anda pasang iklan di motor menggunakan jasa StickEarn, Anda akan mendapat laporan hasil (report) setelah kampanye iklan Anda berakhir. Kami akan melaporkan performa kampanye itu melalui hasil riset kami.

Melalui report ini, Anda akan lebih mudah mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan kampanye pemasaran di masa mendatang. Jadi, ke depannya promosi brand di iklan OOH maupun DOOH akan berjalan lebih efektif lagi.

Sudah Paham Cara Pasang Iklan di Motor?

Sampai di sini, apakah Anda sudah paham mengenai cara pasang iklan di motor? Cara daftar iklan di motor, sebagai driver maupun brand, cukup mudah dan menguntungkan.

Jadi, ADnda wajib mengikuti tips dan cara beriklan di kendaraan seperti yang StickEarn sebutkan atas. Namun, itu semua kembali lagi kepada jenis bisnis dan strategi pemasaran di masing-masing perusahaan, ya.

Jika cara daftar pasang iklan di motor yang StickEarn bagikan sesuai dengan kebutuhan Anda, langsung saja klik banner iklan di bawah, kemudian isi formulir beriklan sebagai pengemudi, partner, atau brand yang ingin beriklan di Stickearn. Anda juga dapat mempelajari kembali produk-produk StickEarn terlebih dahulu.

CTA Banner Blog - 01.png