Ketika menjalankan bisnis, penting bagi Anda untuk lebih cermat dalam melihat berbagai peluang usaha yang akan dilakukan. Hal itu sangatlah berguna karena akan membantu Anda mengurangi risiko persaingan, sehingga dapat membuat bisnis jadi lebih berkembang.

Peluang usaha adalah upaya untuk mengembangkan bisnis agar makin maju dan besar. Dengan menjalankan kesempatan untuk membuat ide bisnis, baik baru maupun menambah line usaha, Anda berkesempatan untuk meningkatkan keuntungan.

Sebab, bagi Anda yang berencana menambah usaha, Anda juga bisa lebih berkembang daripada bisnis yang lainnya. Anda dapat menyasar dan memperluas target audiens.

Namun, sebelum Anda mulai membuka atau menambah usaha baru, Anda wajib mempelajari tentang apa itu peluang usaha dan contoh-contohnya. Tujuannya agar produk atau bisnis baru yang ingin Anda kembangkan tidak tumbang di tengah jalan.

Pengertian Peluang Usaha

peluang usaha untuk bisnis.jpg

Source: Freepik - Cermat dalam lihat peluang usaha sangatlah penting.

Secara umum, pengertian peluang usaha adalah sebuah tindakan yang memanfaatkan peluang baru atau kesempatan-kesempatan guna meraih keuntungan bagi bisnis. Tindakan memanfaatkan peluang usaha tentu dapat meningkatkan penjualan bisnis yang Anda miliki.

Menurut [riset dari Hubspot](https://blog.hubspot.com/sales/business-opportunities mengatakan bahwa peluang bisnis, terutama pada bisnis online dapat memberikan keuntungan. Dengan meningkatnya bisnis online, penjualan Anda diproyeksikan hingga mencapai $3,56triuliun pada tahun 2022.

Selain memanfaatkan peluang usaha online, Anda juga dapat memanfaatkan ide dan peluang usaha lainnya. Guna mengetahui apa saja contoh bidang yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan tindakan peluang usaha, tetap simak penjelasan di bawah ini!

Contoh-Contoh Peluang Usaha

Terdapat banyak ide dan peluang usaha yang dapat Anda terapkan saat ini, terutama jika melihat dari sisi minat dan kebutuhan pasar.Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha yang dapat Anda terapkan!

1. Bisnis Skincare

Contoh pertama adalah bisnis skincare. Seiring berkembangnya zaman, produk skincare bukanlah hal yang asing mengingat skincare adalah salah satu minat pasar pada saat ini.

Semakin banyak orang yang sadar pentingnya merawat kulit, Anda bisa mencoba untuk melakukan peluang usaha dengan menciptakan bisnis skincare. Jika Anda mengikuti kebutuhan pasar, bisnis Anda akan semakin dilirik oleh banyak orang.

Selain itu, terdapat langkah lain yang bisa meningkatkan penjualan bisnis Anda, yaitu menggunakan media pemasaran yang efektif. Anda bisa mencoba menggunakan media iklan luar ruang billboard yang memiliki berbagai keuntungan.

Billboard adalah salah satu jenis media iklan yang tempat posisinya berada di jalanan. Media iklan ini berbentuk poster yang memiliki ukuran besar, sehingga mudah dilihat oleh khalayak di jalan.

Billboard juga kokoh mengingat letaknya di luar ruang karena kerangkanya terbuat dari logam, bahan kayu, fiberglass, kaca, yang dapat tahan pada terpaan angin.

Iklan billlboard juga termasuk media iklan yang fleksibel karena dapat di pasang pada bahu jalan maupun di tengah jalan, sehingga iklan yang Anda tampilkan akan dilihat audiens dan juga tentunya meningkatkan brand awareness produk bisnis Anda.

2. Bisnis Franchise

Contoh peluang usaha selanjutnya adalah bisnis franchise. Bisnis franchise adalah bentuk dari kerja sama antara pemilik _brand_dengan pihak kedua.

Kerja sama dalam artian pihak kedua membeli dimulai dari nama brand, produk, hingga sistem operasional dari pihak pemilik suatu brand tersebut.

Saat ini, bisnis franchise kerap kali dicoba karena dapat menguntungkan antara pihak pemilik brand dan juga pihak kedua dari pembeli nama brand tersebut.

3. Bisnis Jasa Penerbitan

Bisnis jasa penerbitan merupakan bisnis yang dibutuhkan banyak orang. Dalam bisnis ini, Anda diharuskan untuk memiliki kemampuan untuk menciptakan, menerbitkan, dan menyalurkan buku cetak, e-book, majalah, brosur ke beberapa distributor.

Bisnis ini akan memungkinkan Anda untuk berkerja sama dengan penulis, seniman, ilustrator, dan pekerja kreatif lainnya.

Jika Anda melakukan bisnis ini dengan strategi yang tepat, Anda akan mendapatkan pasar yang lebih luas, dan terus berkembang. Penulis independen hingga perusahaan besar akan terus membutuhkan layanan dari penerbitan.

4. Bisnis sebagai Desainer

Selanjutnya adalah bisnis sebagai desainer. Bisnis sebagai desainer merupakan bisnis yang menarik untuk dijadikan sebagai peluang usaha karena semakin berkembangnya zaman, banyak konsumen yang membutuhkan desain untuk visualitas tujuan tertentu.

Ditambah dengan berkembangnya era digital saat ini, desain grafis diperlukan untuk pengelolaan situs web, media sosial, dan materi promosi online semakin dibutuhkan.

Sebagai desainer Anda diharuskan untuk membuat karya yang unik, estetika, dan visualitas yang menarik untuk menarik konsumen atau klien.

5. Bisnis sebagai Penulis

Bisnis sebagai penulis merupakan bisnis yang menawarkan jasa menulis. Sebagai penulis, Anda memiliki beberapa bidang menulis seperti menulis di buku, artikel, website, skenario, ataupun menulis konten, mengingat saat ini kegiatan menulis masih sangat dibutuhkan oleh pemangku kepentingan.

Dalam bisnis ini tentu saja diperlukan kemampuan menulis, menganalisis, dan sikap yang fleksibilitas. Bisnis menjadi penulis juga dapat menjadi tempat minat dan jenis penulisan tertentu.

Bisnis menjadi penulis dapat dimulai dengan menjadi penulis lepas, yaitu menjual karya tulisan Anda kepada berbagai klien dan pelaku publikasi. Anda juga bisa menulis sendiri lewat platform pribadi.

Ciri Ciri Peluang Usaha

langkah-langkah pengembangan ide dan peluang usaha.jpg

Source: flickr - Pahami ciri-ciri peluang usaha.

Setelah Anda mengetahui pengertian peluang usaha, dan contoh-contohnya, Anda juga perlu mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang dapat Anda pahami dalam memilih ide peluang usaha. Berikut adalah ciri-ciri dari peluang usaha

1. Memiliki Daya Jual Tinggi

Peluang bisnis yang baik adalah memiliki daya jual tinggi, untuk menemukan inspirasi bisa melihat dari kebutuhan pasar dan minat pasar.

Sebab, memproduksi bisnis yang dibutuhkan banyak orang akan menarik target konsumen potensial.

2. Memiliki Keuntungan yang Menjamin

Pastikan jika Anda memilih bisnis yang dapat memberikan keuntungan. Keuntungan yang dapat meningkatkan penjualan dan tujuan utama dari penjual bisnis.

Dalam berbisnis tingkatan penjualan juga sebagai aspek utama yang perlu diperhatikan.

3. Memiliki Konsep Ide yang Unik

Memiliki konsep ide yang unik merupakan hal yang penting, karena konsep ide yang unik akan membantu menarik target potensial untuk membeli produk Anda.

Ide yang unik juga akan membangun branding yang kuat, sehingga dapat menarik konsumen lebih luas.

Tujuan Peluang Usaha

Setelah Anda mengetahui apa pengertian dari peluang usaha, contoh-contoh, dan ciri-cirinya, mungkin berikutnya Anda memiliki pertanyaan yaitu apa tujuan dari peluang usaha tersebut? Berikut adalah tujuan dari peluang usaha

1. Meraih Keuntungan

Dalam melakukan strategi dan langkah apapun demi menjalankan bisnis, tentu saja tujuannya adalah meraih keuntungan.Dengan menerapkan segala peluang usaha akan membantu Anda dalam meraih target keuntungan bisnis yang Anda miliki.

2. Mengembangkan Bisnis

Dengan menerapkan peluang usaha, hal tersebut akan membantu bisnis Anda lebih melebarkan pangsa pasar. Secara langsung akan membantu Anda untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik dan mengundang konsumen untuk membeli produk bisnis Anda.

3. Berinovasi

Peluang usaha dapat mendorong Anda untuk terus berinovasi, dengan berinovasi produk yang Anda buat akan menjadi solusi bagi konsumen. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan penjualan bisnis yang Anda jalani.

Tertarik Terapkan Peluang Usaha untuk Meningkatkan Penjualan?

Itulah penjelasan mengenai peluang usaha. Dengan mencoba mengimplementasikan sumber peluang usaha di atas, Anda sebagai pebisnis akan yakin dengan ide bisnis yang Anda pilih dan akan memungkinkan mendapat keuntungan.

Jika sudah memulai memanfaatkan peluang usaha, Anda bisa mencoba langkah penting selanjutnya yaitu media promosi menggunakan iklan luar ruang StickEarn. Anda dapat beriklan menggunakan Billboard Advertising.

Beriklan menggunakan Biillboard advertising akan menguntungkan bagi produk dan iklan produk Anda akan semakin standout dijalan!

Jika Anda tertarik, Anda dapat bekerjasama bersama StickEarn untuk mengiklankan produk bisnis Anda. Klik banner di bawah untuk beriklan atau pelajari lebih dahulu layanan iklan luar ruang StickEarn agar lebih paham.