Mengiklankan suatu produk agar terkenal dan bisa meningkatkan penjualan memang tidak mudah. Ada berbagai faktor penting dalam iklan yang mempengaruhinya.

Beberapa hal yang mempengaruhi performa promosi dapat hadir dari faktor-faktor tertentu. Tak hanya dari segi produk yang ditawarkan saja, tetapi juga bisa muncul melalui pembuatan content marketing-nya.

Selain itu, ada hal penting lainnya yang turut memengaruhi performa marketing atau promosi Anda. Nah, jika ingin tahu lebih lanjut mengenai hal itu, Anda bisa simak penjelasan dari kami di artikel ini.

Baca juga: Jenis Promosi Terbaik, Strategi & Tips Implementasinya untuk Meningkatkan Penjualan

1. Target Audiens dalam Beriklan

memahami target audiens.jpg

Source: Unsplash - Perlunya penetapan target audiens yang tepat agar promosi berjalan optimal.

Dalam memulai suatu perencanaan iklan, perlu adanya penetapan target audiens yang tepat. StickFriends harus menargetkan audiens yang relevan dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Memahami siapa target pasar sangat berpengaruh terhadap efektivitas iklan. Anda juga perlu mengetahui bagaimana audiens yang ditargetkan berinteraksi dengan produk atau layanan Anda.

Untuk mengetahui target yang cepat Anda dapat lakukan dengan cara membuat strategi pemasaran produk yang efektif untuk bisnis.

2. Pesan dalam Iklan

Setelah menetapkan target audiens, Anda dapat mulai menyusun pesan yang hendak disampaikan dalam iklan yang dibuat. Pembuatan iklan bisa berupa perencanaan marketing campaign untuk produkmu.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam membuat pesan iklan ialah kemudahan untuk dipahami oleh audiens. Iklan yang ambigu atau rumit dapat menyebabkan audiens bingung dan kurang tertarik untuk membeli produk atau layanan Anda.

3. Kulik Ide Kreatif untuk Beriklan

Di era yang serba digital ini, periklanan sangat beragam. Melalui media online saja, banyak jenis iklan yang dapat StickFriends eksplor lebih dalam.

Contohnya adalah iklan display yang sering tertera di situs web, iklan video yang bisa Anda tayangkan di platform media sosial, iklan paid search atau iklan pencarian berbayar. Lalu, ada juga beragam iklan lainnya yang mayoritas merupakan jenis iklan penawaran.

Tersedianya beragam pilihan beriklan online dan berbagai jenis platform media sosial dapat StickFriends maksimalkan. Namun, kreativitas dalam merancang iklan sangatlah diperlukan.

Iklan yang kreatif akan mudah diingat oleh audiens. Banyak brand yang telah menciptakan iklan digital yang kreatif. Oleh karena itu, membaca tren terkini dan menganalisis fenomena sosial yang ada dapat menjadi dasar dalam membuat suatu iklan.

4. Komunikasi Pemasaran yang Dekat dengan Konsumen

Tidak hanya ide kreatif, iklan yang efektif juga perlu menempatkan nilai rasa yang dekat dengan penggunanya. Hal ini dapat membuat iklan yang Anda tawarkan diterima oleh audiens yang telah ditargetkan.

Kini, banyak produsen yang menerapkan strategi pemasaran dengan menggunakan komunikasi pemasaran terpadu atau Integreted Marketing Communication (IMC).

Program periklanan above the line (ATL) di mana target audiens yang dituju tidak spesifik dan luas tidak lagi diandalkan sebagai satu-satunya cara.

Melalui IMC, produsen dapat menyentuh hati konsumen dengan beberapa cara, seperti pengadaan kegiatan atau pameran. Hal ini akan melibatkan semua pihak yang berkaitan dalam brand sehingga memunculkan dialog dengan konsumen.

5. Pengukuran Kinerja dalam Beriklan

mengukur advertising performance.jpg

Source: Unsplash - Pentingnya mengukur kinerja iklan.

Penting untuk mengukur kinerja iklan Anda untuk memastikan bahwa iklan tersebut efektif dan memberikan return on investment (ROI) atau keuntungan finansial yang didapatkan dari sebuah investasi dengan hasil yang baik.

Tentunya, pengukuran kinerja iklan ini juga dapat dimaksimalkan dengan penyusunan strategi pemasaran produk yang sebelumnya telah dilakukan.

Beberapa metrik yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja iklan adalah melacak konversi, klik, dan pengenalan merek. Hal tersebut dapat dijadikan acuan untuk menentukan apakah iklan Anda berhasil atau tidak.

Baca juga: Kenalan dengan Istilah CPM dan Impressions

6. Pengoptimalan Iklan

Dalam membuat iklan, khususnya iklan digital, memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan kinerja iklan dengan cepat dan efektif.

Anda dapat mengubah iklan berdasarkan data kinerja dan menguji berbagai strategi iklan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya desain yang menarik sebagai pengemasan dari brand. Selain itu, melakukan uji coba dan analisis iklan juga dapat mempengaruhi performa iklan Anda.

Lebih lanjut, Anda juga perlu mengoptimalkan iklan dengan menambahkan Call to Action (CTA). Pasalnya, dengan CTA, audiens jadi tahu apa yang harus dilakukan setelah melihat iklan.

7. Penggunaan Media yang Relevan

Bagian terpenting dalam beriklan tentunya memilih media yang relevan untuk produk yang Anda tawarkan. Kesesuaian produk dengan media yang digunakan akan mempermudah Anda dalam menyasar audiens dan menaikkan penjualan melalui iklan.

Media yang hendak digunakan harus relevan dengan penempatan yang strategis. Pilihlah platform dan lokasi penempatan iklan yang strategis sehingga iklan dapat dijangkau oleh audiens yang tepat.

Ayo, Buat Iklan yang Impactfull Sekarang!

Jika disimpulkan, ada beberapa faktor penting dalam iklan yang harus Anda perhatikan. Adapun faktor itu, di antaranya target audiens, kreativitas dan pesan yang hendak disampaikan, optimalisasi penempatan, hingga pemilihan media iklan.

Nah, karena Anda sudah tahu, kini Anda pun dapat membuat iklan yang lebih berdampak, bukan? Apabila Anda bingung bagaimana cara menyebarluaskannya, Anda bisa bekerja sama dengan kami.

StickEarn menyediakan berbagai layanan iklan luar ruangan yang dapat menjadi pilihan. Jadi, ayo buat iklan Anda sekarang dengan klik banner di bawah, ya!

CTA Banner Blog - 01.png